Minggu, 05 September 2010

Tips Cepat Main ECO dan Job ECO

Novice
Image:1row.gif

Fighter
Spelluser
Backpacker
Image:1rightrow.gif
Joint
Job
1st
Job
 
Image:1row.gif
Image:1row.gif
Image:1row.gif
Image:1row.gif
Image:1row.gif
Image:1row.gif
Image:1row.gif
Image:1row.gif
Image:1row.gif
Image:1row.gif
Image:1row.gif
Image:1row.gif
2nd
Job
Expert
Job
(2-1)

Image:2row.gif
Image:2row.gif
Image:2row.gif
Image:2row.gif
Image:2row.gif
Image:2row.gif
Image:2row.gif
Image:2row.gif
Image:2row.gif
Image:2row.gif
Image:2row.gif
Image:2row.gif

Technical
Job
(2-2)


Halo semua, selamat datang di ECO Beginner’s Guide ini, semoga dapat membantu Anda dalam memulai petualangan anda di Acronia. Guide ini akan saya bagi dalam beberapa bagian, untuk mudahnya akan saya sertakan kode pointer untuk mempermudah Anda dalam menavigasi dengan menggunakan fitur search [CTRL+F] dan mengetikkan kode guide yang Anda inginkan.



Kode pointer - Deskripsi Guide
RACEPOINT - Penjelasan tentang pemilihan ras
JOBPOINT - Penjelasan tentang pemilihan job, cara berubah job, intro job kedua
STATUSPOINT - Penjelasan tentang status
GAMESYSTEM - Penjelasan tentang sistem dan interface game secara umum
TUTORIAL01 - Penjelasan awal game dan walkthrough Tutorial
LEVELING GUIDE -Tips leveling dari level 1-20

FAQS - Frequently Asked Questions, Tips dalam bermain
CREDITS - Daftar referensi, sumber data dan ucapan terima kasih



Contents

[hide]


RACEPOINT

Emil Chronicle Online memiliki 3 ras, yaitu Emil (Manusia), Titania (Angel), dan Dominion (Demon). Masing-masing ras memiliki status poin awal yang berbeda-beda, sebagai berikut:


STR DEX INT VIT AGI MAG
Emil 8 3 3 10 4 3
Titania 6 3 6 4 2 10
Dominion 10 5 1 1 5 8


Tips untuk pemilihan ras
  1. Emil memiliki 10 VIT dari awal, dengan demikian cocok untuk menjadi job tipe [Fighter/Backpacker]. Salah satu keuntungan lain adalah STR awal dari Emil adalah 8 (tidak berbeda jauh dari Dominion yaitu 10) sehingga dapat dibilang ras Emil adalah yang paling potensial untuk kedua tipe job tersebut.
  2. Titania memiliki 10 INT dari awal, sehingga cocok untuk job tipe [Spelluser].
  3. Dominion memiliki 10 STR dari awal, sehingga cocok untuk job tipe [Fighter] TETAPI tidak terlalu cocok untuk tipe [Fighter-Tanker] karena VIT awal Dominion hanya 1.
  4. Untuk referensi penampilan dan interface: Emil berpenampilan seperti manusia pada umumnya. Titania memiliki sepasang sayap biru, dan berjalan dengan terbang (sedikit di atas tanah –gliding). Dominion memiliki sepasang sayap dan ekor hitam, berjalan biasa seperti Emil.
  5. Pada dasarnya, setiap ras bisa menjadi job apa saja, namun efektivitas maksimum (terutama pada masalah status build) akan sedikit terpengaruh oleh status awal mereka. Hal ini juga tergantung dari job apa yang dipilih, nanti akan ada “ketidakcocokan” antara ras dengan job yang dipilih sehingga quest untuk berubah job akan bertambah panjang (ada quest ekstra) untuk ras tertentu (misalnya Titania ingin menjadi Warlock). Untuk lengkapnya lihat penjelasan job di bagian berikut.




JOBPOINT

Emil Chronicle Online memiliki total 38 job (2 spesial), dimana 12 job dasar dapat berubah menjadi job lanjutan dan conversion, singkatnya:
Novice -> Job 1 (Basic) -> Job (2-1) (Expert) <- -> Job (2-2) (Technical)


Perubahan dari Novice -> Job1 dan perubahan dari Job1 -> Job (2-1) adalah advancement (Anda tidak bisa berubah kembali menjadi job sebelumnya) tetapi perubahan dari Job (2-1) -> Job (2-2) adalah hanya conversion atau switch, jadi bila Anda berubah menjadi job (2-2) akan tetap bisa berubah kembali menjadi job (2-1), dan sebaliknya. Untuk berubah bolak-balik Anda memerlukan item tertentu dan terkena penalti job level, namun bisa membawa sebagian skill dari job yang terdahulu. Sangat tidak disarankan untuk berganti job berkali-kali.
Perubahan dari Novice -> Job Basic dan perubahan dari Job Basic -> Job Expert dapat dilakukan di Guild Palace yang terletak di Uptown Acropolis (bagian tengah atas dari peta Uptown). Untuk bisa mengakses Uptown diperlukan Acropolis Pass yang didapat dari Beginner Gift Box.



TUTORIAL 01

Setelah Anda memahami tentang dasar-dasar dari permainan, marilah kita mulai bermain ^_^


  • Log In dengan menggunakan ID ECO Anda, dan Anda akan segera memasuki room pembuatan karakter. Di sini Anda akan dapat memilih salah satu dari 3 ras yang telah dijelaskan yaitu Emil, Titania, atau Dominion, dan juga menentukan Nama, Gender, Wajah, Model Rambut dan Warna Rambut. Setelah selesai membuat dan mengatur tampilan karakter, Anda akan berada di Emil Tribe’s Dream.
  • Bicara kepada Tita dan pilih pilihan pertama untuk mengikuti Tutorial (Anda akan memperoleh beberapa item dengan mengikuti Tutorial) atau pilihan kedua untuk langsung menuju ke permainan. Bila Anda ingin ikut Tutorial silakan lanjutkan, bila Anda memilih untuk langsung masuk ke permainan Anda bisa skip penjelasan ini menggunakan CTRL+F dan mengetik TUTORIAL02 sebagai sub-kode pointer.


Catatan:
  • Hampir semua NPC di dalam Tutorial akan memberi Anda berbagai tips dalam bermain, di sini saya akan memberikan walkthrough untuk melalui Tutorial secara cepat dan efisien (serta mengambil semua item yang tersedia). Bila Anda ingin, Anda dapat menjelajah sendiri untuk berbicara kepada semua NPC yang ada sepanjang jalan.
  • Sebagian NPC akan menawarkan untuk mengakhiri Tutorial (skip). Bila Anda ingin, Anda dapat langsung keluar setelah mendapat sebagian item saja.

Bagian 1
Setelah berbicara dengan Tita, Anda akan diteleport ke sebuah ruang navigasi/kokpit pesawat, berjalanlah ke arah pintu di bawah (sinar biru) dan akan ada percakapan yang cukup panjang, Anda cukup menekan OK berkali-kali hingga percakapan selesai, kemudian berjalanlah kembali ke arah pintu tersebut.
Bagian 2
Anda akan berada di ruangan lain pesawat yang terbakar, bergeraklah maju dan Tita akan berbicara pada Anda. Berlarilah menuju api dan Tita akan mengubah Anda menjadi Tita’s Salamander. Teroboslah api dan Anda akan menghadapi 3 monster (DEM-00). Kalahkan ketiganya dan masuklah ke pintu di ujung.
Catatan: Meskipun jarang terjadi, Anda BISA kalah melawan ketiga DEM-00, terutama bila Anda menghadapi ketiganya sekaligus, namun bila ini terjadi jangan khawatir, Anda hanya akan kembali ke ruangan awal (Emil Tribe’s Dream) dan mengulangi lagi langkah-langkah di atas.
Bagian 3
Berbicaralah pada Tita, Anda akan diteleport lagi.
Bagian 4
Keluar dari rumah, lalu berbicaralah pada Emil. Pilih semua pilihan, terakhir pilih opsi paling bawah untuk mendapat [Emil Medal]. Tukarkan medal ke Item Box berwarna pink di sebelah Anda.
  • Cute Lever : random item, Pink Knapsack (ransel pink/rare)
  • Awesome Lever : random item, armor lv 10, headgear, Puppy Pet (rare)
  • Useful Lever : random item, potion
Bicaralah pada East Cape Grocery Shop untuk mendapatkan Chocolate. Setelah selesai masuklah ke pintu di dekat Emil.
Bagian 5
Bicara pada Berial (Dominion di tengah jalan), pilih pilihan ke 2 untuk mendapatkan Smoked Meat. Kemudian pilih pilihan paling bawah untuk mendapatkan Novice Ribbon. Saya tidak menyarankan Anda untuk melawan Mini Pururu disini.
Setelah selesai, lanjutkan untuk menemui Masha. Bicara padanya dan bicara pada Airship Rope dan Anda akan diteleport ke Masha’s Airship.
Bagian 6
Bicara pada Masha lalu masuklah ke dalam rumah, bicara pada Sky Squirrel untuk mendapatkan Failure Compound. Keluar, biacara lagi pada Masha untuk mendapatkan Chocolate Chip Biscuit dan Fruit Juice, lalu pilihlah pilihan ke 1 untuk diteleport ke area berikut.
Bagian 7
Bicara pada Insmouse untuk mendapatkan Golem Catalog
Lanjutkan perjalanan hingga Anda menemukan sebuah tenda/Tent, masuk dan bicara dengan Senior Ranger, pilih pilihan ke 1 dan kemudian pilihan ke 3 untuk mendapatkan Heal Potion, Magic Potion, dan Stamina Potion.
Lanjutkan perjalanan, bicaralah pada Girl Who Came to Report on the Quest untuk menerima Thank You Letter, kemudian bicaralah pada Beginner Guide di seberang jalan, kemudian kembali ke Girl Who Came to Report on the Quest untuk menerima Egg Sandwich.
Di depan Anda dapat menemukan banyak lagi NPC. Bicara pada Grocery Shop Old Lady untuk mendapatkan Heavy Jerico. Buang barang ini karena terlalu berat untuk Anda sekarang (drag dan drop di tanah). Di ujung jalan, bicaralah pada Titus untuk menerima Emil Recommendation.
Tutorial berakhir disini, masuklah ke pintu untuk menuju Acropolis.



TUTORIAL 02

Anda sekarang telah berada di Acropolis.

Pertama-tama cek inventori Anda, double klik Beginner Gift Box untuk mendapatkan Tutorial Book 1-6, Emergency Pouch, Acropolis Pass, dan Beginner Weapon Box.
Tips: untuk menghindari kebingungan dan kerepotan, drop semua Tutorial Book dan JANGAN buka Beginner Weapon Box dulu sebelum Anda mencapai level 5.

Acropolis City terbagi menjadi 6 bagian, yaitu Downtown, Uptown, Northern Acropolis, Eastern Acropolis, Western Acropolis, dan Southern Acropolis.
Tips: untuk memulainya saya sarankan Anda menuju ke salah satu dari 3 sisi kota (Utara, Selatan atau Timur). Secara pribadi saya sarankan Anda mulai dari Eastern Acropolis – Eastern Acronia Plains (bagian timur kota), bisa Anda capai melalui downtown/turun ke bawah dan naik lagi di bagian timur nantinya.

Keluar dari kota dan menuju ke Eastern Acronia Plains, bicaralah pada NPC di café, Cafe Master, untuk menunjukkan Emil Recommendation, lalu pilih untuk melakukan quest. Anda akan diminta untuk melawan 5 Pururu (pilih yang di Eastern Acronia). Equiplah Replica Sword milik Anda dan selesaikan quest ini (Pururu bisa ditemukan di area sekeliling Anda), lalu melaporlah kembali ke NPC itu untuk menerima Wooden Spear dan naik 1 level menjadi level 2.
Catatan: Bagi Anda yang tidak mengambil quest pururu ini akan dapat mengambil quest standar yang lain tetapi tidak akan mendapatkan spear, quest pururu ini adalah suatu special quest.
  • Untuk quest-quest berikut Anda mungkin akan perlu berkeliling ke 4 sisi dari Acropolis (untuk hunting monster tertentu dll.)



LEVELING GUIDE

Lv 1-6
Untuk cepatnya Anda dapat mengambil bermacam quest yang tersedia dari café (Anda bisa melakukan total 14 quest –setelah menyelesaikan quest Pururu). Yang saya rekomendasikan adalah: Pemusnahan Urchin, Urchin Spine Gathering, Milk Gathering, Pemusnahan Milk Pitcher, Pemusnahan Crawler.


Tips:
Tipe hadiah quest:
  • Defeat : Base experience tinggi, Job experience rendah, Gold sedang
  • Collect : Base dan Job experience sedang-seimbang, Gold sedang
  • Deliver : Base dan Job experience kecil-seimbang, Gold tinggi


Anda bisa menjadi salah satu anggota fraksi knightage sekarang dan mendapat pass permanen ke salah satu area (utara/selatan/timur/barat). Pilihlah sesuai selera Anda, tetapi untuk rekomendasi:
  • Fighter : South atau West
  • Spelluser : North
  • Backpacker : East
Nantinya Anda tetap akan bolak-balik ke semua area, tapi rekomendasi ini dibuat karena di area yang bersangkutan lebih banyak equipment (level awal) yang dijual untuk tipe job yang bersangkutan, dan hal ini akan lebih mempermudah Anda (juga menghemat biaya pass).


Urchin dan Crawler bisa Anda temukan di map yang sama, untuk Milk Pitcher dan pengumpulan Milk, Anda bisa pindah 1 map ke atas Acronia Forest untuk menemukannya. Milk Pitcher menjatuhkan Milk, jadi Anda bisa sekalian mendapatkan bahan untuk melakukan quest Milk gathering. Semua tergantung selera Anda, carilah yang paling cocok untuk Anda atau yang Anda anggap memberi experience atau gold yang paling baik.

Jangan lupa pada level 5, bukalah Beginner Weapon Box untuk mendapatkan satu dari setiap jenis senjata, pakailah salah satu yang cocok. Pasang juga Emergency Pouch untuk mendapatkan tambahan slot pada inventori Anda.

Saya juga menyarankan untuk berubah menjadi job yang Anda inginkan pada level 5.

Bila base experience Anda sudah mendekati 100%, saya sarankan untuk menaikkan level secara manual untuk menghemat poin quest untuk melakukan quest pada level yang lebih tinggi (setiap hari Anda hanya bisa melakukan 5 quest, 15 quest pada awal ini hanyalah bonus).

Jangan lupa bahwa bila leveling secara manual, pilihlah monster yang memiliki level tidak terlalu rendah maupun terlalu tinggi, untuk efektivitas maksimum. (Bila Anda level 10 mengalahkan Pururu maka hampir tidak mendapat kenaikan experience sama sekali, sebaliknya bila Anda mencari monster dengan level tinggi maka Anda akan cepat kehabisan healing, dll.)

Distribusikan poin status dan skill Anda secara cermat dan sesuai kebutuhan agar tidak harus mereset nantinya.



Lv 1-6
Tetap melakukan quest, namun ditambah dengan leveling, saya sarankan untuk melawan Coccko sekalian mengambil quest Lv.6 I hate Cocckos. Quest lain yang saya sarankan: Bone Gathering, Pemusnahan Salad Urchin, Pemusnahan Green Pururu, Pemusnahan Bawoo


Tips: Belilah armor/shield, topi dan sepatu dari Guild Merchant yang berada di 4 arah pinggiran luar Acropolis untuk menunjang proses leveling Anda, tapi jangan beli senjata apapun terlebih dahulu.
Lv.11-20
Pertama-tama beli senjata level 11 yang bisa ditemukan di beberapa perbatasan, kemudian pergilah ke East Cape. Dari Acropolis keluar ke arah kanan (Eastern Acronia Plains), atas (Acronia Forest),lanjutkan ke kanan dan kanan hingga mencapai kota. Disini Anda bisa berbelanja beberapa jenis equipment lagi, jangan lupa untuk simpan posisi Anda terlebih dahulu di Warrior of Resurrection.
Untuk bisa meneruskan ke Momo Plains anda memerlukan Eastern Knight Emblem, Eastern Pass atau mem-possess seseorang yang mempunyai salah satunya.
Di Momo Plains, pertama-tama saya sangat menyarankan Anda untuk berlari menghindari semua monster dan masuk ke kota Fareast, lalu menyimpan posisi di sana. Momo Plains adalah tempat yang ideal untuk leveling mulai dari lv. 11 hingga 20, dengan catatan bahwa sebelum level 16-an (minimal) Anda sangat disarankan untuk hanya melawan Young Coccko dan Fluff Worm saja.


Catatan: Berhati-hatilah pada Wild Boar dan ECO Pig disini, bila Anda dikejar (monster agresif) maka cepatlah lari ke dalam kota (Momo Plains diapit oleh 2 kota, Anda bisa pilih salah satunya, atau Far East saja bila Anda bukan anggota Eastern Knightage).
  • Baby Coccko : pada level 16+ Anda bisa coba melawannya, tapi tetap lebih efektif bila Anda fokus ke Young Coccko dan Fluff Worm saja.
  • Momo : Jangan Anda lawan sebelum level 25+
  • Banshee : Jangan Anda lawan sebelum level 25+
  • ECO Pig : Jangan Anda lawan sebelum level 30+
  • Wild Boar : Jangan Anda lawan sebelum level 30+
  • Vega :Jangan Anda lawan sebelum level 30+
  • Heavenly Vega : Jangan Anda lawan sebelum level 35+
  • Reckless Gecko : Jangan Anda lawan sebelum level 50+



FAQS

  1. Job apakah yang terbaik untuk solo hunting? Menurut saya yang terbaik adalah Farmer atau Ranger, karena kedua job ini, meskipun tidak sekuat fighter, dapat selalu memenuhi kebutuhan healing item sewaktu hunting –mereka akan mudah untuk mendapatkan stok healing yang melimpah (farmer dengan memasak, ranger dengan membeli dan merefine meat dll.).
  2. Job apakah yang terkuat/terbaik di ECO? Tidak ada yang terkuat atau terbaik, semua punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Semua tergantung selera Anda, sebagai referensi secara umum: Fighter/Spelluser (kecuali Vates) : Petarung, Backpacker : Pengumpul gold, Vates : Healer, Supporter. Bila Anda masih belum puas dengan jawaban ini, kalau menurut saya pribadi job yang terkuat adalah Bounty Hunter atau Necromancer. Sedangkan job yang terbaik bagi saya adalah Treasure Hunter ^_^ Setiap orang akan memiliki pendapat yang berbeda, Anda bisa pilih sendiri job favorit Anda.
  3. Bagaimana proses leveling di ECO? Apakah sulit untuk menaikkan level? Sampai sekitar level 60-65 saya rasa Anda tidak akan terlalu kesulitan, namun di atas itu memang membutuhkan sedikit kesabaran. Leveling bersama party yang solid dapat mempercepat, tetapi solo juga OK.
  4. Bagaimana cara mendapatkan pet/marionette? Sebagian besar marionette dan pet didapat dari bermacam quest, sedangkan sisanya didapat dari drop monster (rare). Silakan mengambil referensi di berbagai pet/marionette guide di forumforum.
  5. Bagaimana cara mendapatkan [item] yang terlihat keren itu? ECO adalah game yang juga memfokuskan pada fashion, karena itu Anda akan sering melihat bermacam aksesoris dan armor yang keren (topeng, topi, senjata alternatif, dll). Sebagian dari item ini didapat dari sintesis material, sebagian lagi dari wooden box/treasure chest/container dll. Untuk referensi, sama seperti pet, Anda bisa mencari guide tentang hal ini di forum-forum.
  6. Quest-quest di café terlihat sulit, memakan waktu lama, dan membosankan. Perlukah saya melakukan quest setiap hari ataukah lebih baik saya tidak membuang waktu dan menaikkan level secara manual saja? Untuk hal ini saya serahkan sepenuhnya kepada Anda, namun perlu diingat bahwa quest akan cukup membantu menaikkan job level Anda (bila Anda leveling secara manual, biasanya job level akan ketinggalan dari base level). Pada level tinggi quest juga akan berguna untuk mendapatkan gold tambahan, terutama bila job Anda bukan Backpacker. Di sisi lain, memang quest akan memakan cukup banyak waktu, hal ini tergantung situasi Anda, bila Anda memiliki cukup banyak waktu untuk bermain maka saya sarankan untuk melakukan quest. Bila waktu Anda untuk bermain sedikit/terbatas sekali, maka pilihlah quest yang benar-benar penting saja –setelah itu Anda dapat fokus untuk leveling biasa/hunting material.
  • Quest dapat terakumulasi hingga 15 quest (3 hari).



TIPS UMUM DALAM PERMAINAN

  • Jangan membeli Heal Potion dari NPC (300G) karena mahal, hanya memulihkan 100 HP, dan sangat berat. Lebih baik jika Anda memproses Meat menjadi Smoked Meat di Item Refiner. Pilihan lain adalah sintesis Sandwich (Meat+Vegetable+Breadfruit Nut).
  • Sering-seringlah melakukan window shopping ^_^ di Acropolis, seringkali Anda akan menemukan item-item langka atau material berguna dengan harga yang terjangkau yang dijual oleh player lain. Dengan ini Anda tidak perlu repot untuk mencari sendiri (dari drop monster dll.).
  • Simpanlah item-item aneh yang Anda dapatkan (dari Wooden Box dll.) di bank, mungkin akan berguna untuk sintesis suatu saat nanti.

2 komentar:

  1. Play'n GO Casino Bonus Code | 2021 Top 10 Games
    Claim the 188 벳 CasinoTopBonusCode100 깡 가입 코드 Free Spins on Mega Moolah's Video Slots + Blackjack with a 100% up to $200. Claim 탱글다희 영구정지 a 토토 사이트 운영 100% bonus 바카라 up to $250.

    BalasHapus
  2. Betway Casino App - Download for Android and iOS | KT Hub
    Download 양산 출장마사지 Betway Casino App (for Android and iOS). Get sports betting odds on the NFL, NBA, 속초 출장샵 MLB, NHL, PGA, NHL, 삼척 출장마사지 PGA and more. Rating: 4 김포 출장안마 · ‎2 reviews 오산 출장샵

    BalasHapus